Teks Wawancara ( Contoh Teks Wawancara 2017)

Posted on
Minna kali ini saya akan membahasa 17 contoh teks wawancara terbaru singkat 2017. Saya akan memberikan contoh teks wawancara yang saya akan bahas mengenai pendidikan, lingkungan, dan teman sebangku.

Wawancara adalah  sebuah kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh pewawancara sebagai penannya dan narasumber sebagai orang yang ditanya. Kegiatan ini dilakukan untuk mencari informasi, meminta keterangan, atau menanyai pendapat tentang suatu permasalahan kepada seseorang. Dengan kata lain, bisa disimpulkan bahwa wawancara adalah kegiatan menggali informasi dari narasumber dengan cara tanya jawab.

Contoh Teks Wawancara Singkat 2017 (Pendidikan, Lingkungan, dan Teman Sebangku)

Contoh Teks Wawancara Singkat 2017

Inilah contoh teks wawancara singkat 2017 mengenai pendidikan, lingkungan, dan teman sebangku perhatikan contoh teks berikut.
1. Contoh Teks Wawancara Singkat Pendidikan

Wawancara 1
Di bawah ini adalah contoh wawancara tentang pentingnya menuntut limu dengan narasumber yang merupakan seorang cendekiawan.
Pewawancara :
Selamat pagi Professor Widodo, apakah saya boleh meminta waktunya sebentar untuk mewawancarai Bapak ?
Narasumber :
Selamat pagi, Adik dari mana ya ?
Pewawancara :
Saya dari majalah pendidikan Pintu Ilmu, ingin mewawancarai Bapak mengenai pentingnya menuntut ilmu.
Narasumber :
Oh, kalau begitu mari langsung saja dimulai wawancaranya!
Pewawancara : 
Kalau boleh, bisakah bapak menceritakan profil singkat pendidikan Bapak ?
Narasumber :
Saya pernah bersekolah di SDN 1 Tanjung Gading, kemudian saya melanjutkan SMPN 1 dan SMA 1 Suka Maju. Setelah itu saya kuliah di Universitas Terang Benderang dan mengambil jurusan Ilmu Filsafat. Saya mendapatkan gelar professor saya di Universitas Indonesia.
Pewawancara :
Sudah berapa lama Bapak menyandang gelar professor ini ?
Narasumber :
Saya mendapatkan gelar professor saya dalam bidang filsafat ketika saya berumur 45 tahun, jadi kira – kira sudah 4 tahun.
Pewawancara :
Apasih yang memotivasi Bapak untuk terus belajar di hari tua Bapak ?
Narasumber : 
Bagi saya ilmu adalah nafas, jadi jika saya tidak belajar atau berhenti belajar saya akan mati. Hal ini dikarenakan ilmu sangatlah penting untuk dipelajari tidak peduli berapapun umur kita karena ilmu selalu berkembang dan jika kita berhenti belajar maka kita akan tertinggal.
Pewawancara :
Jadi meskipun sudah menjadi professor pun Bapak masih belajar.
Narasumber :
Tentu, hingga saat ini pun saya masih mempelajari ilmu – ilmu yang telah saya dapatkan dan ilmu – ilmu baru dengan cara belajar sendiri maupun mengajar mahasiswa. Mengajar juga bisa dijadikan sarana untuk mengajar karena mengajar bukan hanya mentransfer ilmu saja, melainkan beridiskusi dengan para mahasiswa mengenai berbagai macam hal.
Pewawancara :
Menurut Bapak mengapa sih menuntut ilmu itu penting ?
Narasumber :
Ilmu adalah suatu hal yang bisa menaikan derajat kita di mata Tuhan dan manusia. Dengan ilmu kita bisa memperbaiki diri kita sendiri dan masayarakat sekitar kita. Tanpa ilmu, kita akan kembali ke jaman primitive dan kita tidak bisa memberikan manfaat kepada orang lain karena sebaik – baiknya orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain.
Pewawancara :
Menurut Bapak sejak kapan kita mulai menutut ilmu dan sampai kapan ?
Narasumber :
Nabi Muhammad SAW bersabda tuntulah ilmu dari buaian hingga liang lahat. Beliau memerintahkan kita untuk terus menuntut ilmu sepanjang hidup kita di mulai dari kecil hingga kita mati. Waktu yang paling pas untuk belajar adalah ketika kita berumur 4 hingga 6 tahun karena masa – masa itu disebut dengan golden age dimana otak akan bekerja dengan sangat optimal. 
Pewawancara :
Menurut Bapak bagaimana dengan dunia pendidikan kita saat ini ?
Narasumber :
Pendidikan kita saat ini masih tertinggal dengan Negara – Negara maju, seperti Amerika, Inggris, dan lain – lain. Hal ini dikarenakan pemrintahnya yang belum berkomitmen untuk memajukan pendidikan di negeri ini dan juga kurangnya dan tidak meratanya pendidikan di negeri ini.
Pewawancara :
Lantas apa yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk memajukan dunia pendidikan kita ?
Narasumber :
Pemerintah harus menyatukan tujuan mereka mau di bawa kemana dunia pendidikan ini, dengan cara memberikan kurikulum yang benar – benar baik yang tidak terus menerus mengalami pergantian. Dan juga pemerintah harus memperbaiki fasilitas dan meratakan pendidikan di negeri ini, jangan hanya berkonsentrasi di perkotaan saja, tetapi di seluruh wilayah Indonesia.
Pewawancara :
Saya kira cukup sampai di sini Prof, Terimakasih atas waktunya.
Narasumber :
Terimakasih kembali.
2. Contoh Teks Wawancara Singkat Lingkungan

Wawancara di bawah ini, merupakan wawancara mengenai kebersihan lingkungan di sekolah.
Ratih : “Selamat siang Pak. “
Dewa  : ” Siang dek. “
Ratih : ” Maaf saya menggangu Bapak sebentar ? “
Dewa  : ” Oh, iya .. tak apa-apa… ada apa dek? “
Ratih : ” Saya mau mewawancarai bapak tentang kebersihan lingkungan di sekolah. “
Dewa  : ” Oh, iya Dek, silahkan. “
Ratih : ” Terima kasih Pak, pertanyaan pertama, bagaimana pendapat bapak tentang kebersihan lingkungan disekolah kita? ”
Dewa  : ” Saat ini lingkungan sekolah sudah bersih, namun kelasnya masih ada beberapa yang masih kotor. ”
Ratih : ” Menurut Bapak, kebersihan lingkungan seberapa pentingnya? apa alasannya alasannya. ”
Dewa  : ” Kebersihan lingkungan penting sekali. kebersihan sangat mempengaruhi  kesehatan kita juga. “
Ratih : ” Setelah kita tahu pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, apa saja yang harus kita lakukan? “
Dewa  : ” Kita akan melaksanakan Jum’at bersih, Sabtu indah, serta Minggu sehat. “
Ratih : ” Lalu Siapa saja yang berperan untuk kebersihan lingkungan kita ini? “
Dewa  : ” Ya semua warga sekolah. Ini bukan saja tugas kebersihan saja. Kita sebagai warga sekolah, kita juga harus menjaga kebersihan. Minimal yaitu membuang sampah pada tempatnya. “
Ratih : ” Menurut Bapak, Seberapa berpengaruhnya kebersihan lingkungan untuk kelangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah ? “
Dewa  : ” Sangat penting dong Dek, kebersihan lingkungan akan memberikan kenyamanan pada saat proses belajar mengajar.  Coba bayangkan jika lingkungan sekolah kotor. Pastinya kita akan selalu tutup hidung dong!”
Ratih : ” Bagaimana tanggapan Bapak tentang kesadaran siswa disekolah kita ini akan kebersihan lingkungan? “
Dewa  : ” Nampaknya siswa masih banyak yang belum menyadari tentang pentingannya kebersihan disekolah. Merka masih ada yang suka buang sampah jajan sembarangan”
Ratih : ” Kok bisa begitu Pak? “
Dewa  : ” Mungkin mereka masih merasa malas untuk membersihkannya. Namun ini tidaklah benar. mereka harus menjaga kebersihan lingkungan. Karena sudah kita ketahui bahwa kebersihan itu sebagian dari iman.”
  
Ratih :  ” Pertanyaan terakhir, apa harapan bapak mengenai kebersihan lingkungan di sekolah ini kedepannya? “
Dewa  : ” Saya berharap semua warga sekolah sadar akan pentingannya kebesihan lingkungan di sekolah. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, ini berguna untuk menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk, dan sehat. Yang akhirnya yaitu akan membuat kita merasa nyaman “
Ratih : ” Sekian pak, terima kasih atas waktunya. “
Dewa  : ” Iya, sama-sama Dek. “
3. Contoh Teks Wawancara Singkat

Contoh wawancara kepada teman
Penanya        : Assalamu alaukim
Narasumber : waalaikum salam
Penanya        : Apaka saya bisa mewawancarai anda ?
Narasumber : ya
Penanya        : Siapakah nama anda
Narasumber : Nama saya Baso ilham
Penanya        : Berapa umur anda ?
Narasumber : kalau tidak salah udah 16 tahun
Penanya        : Dimanakah anda tinggal dan dimana anda sekolah
Narasumber : Saya tinggal di Anabanua dan saya sekolah di SMA 1 MANIANGPAJO
Penanya        : Bagaimanakah keseharian anda di sekolah itu,apakah menyengkan atau sebaliknya
Narasumber : ya pastilah menyenangkan, apalagi jika lagi nongkrong sama teman, saya terkadang lupa waktu. Serta kadang-kadang ada hal yang saya tidak suka yaitu jika saya lagi di ganggu atau jika di ejek-ejek sama  orang yang saya tidak suka
Penanya        : siapa yang menyuruh anda untuk sekolah di sana
Narasumber : Sebenarnya sih tidak ada ,saya sekolah disana atas kemauan saya sendiri dan sekolah itu tidak terlalu jauh dari rumah saya serta teman-teman saya yang lain, juga banyak yang sekolah disana
Penanya        : Dimana anda biasanya pergi atau nongkrong jika lagi libur atau lagi tidak ada kerjaan
Narasumber : Biasanya sih kerumah teman dan jika saya lagi banyak uang biasanya saya serta teman-teman kadang-kadang ke pasar untuk beli pakaian atau keperluan yang lainnya
Penanya        : Kapan anda biasanya berkumpul bersama keluarga anda ?
Narasumber : Biasanya saat makan malam serta jika ada hari-hari penting contohnya saat hari raya idul adha dan sebagainya
4. Contoh Teks Wawancara Singkat Kesehatan

Pentingnya Meminum Air Putih
Pewawancara  : Selamat pagi, Dok.
Narasumber     : Selamat pagi. Ada yang bisa saya bantu?
Pewawancara  : Kami dari salah satu majalah kesehatan ingin meminta waktu anda sebentar. Kami ingin mengadakan wawancara perihal pentingnya meminum air putih bagi kesehatan. Apakah anda ada waktu?
Narasumber     : Ya tentu, dengan senang hati.
Pewawancara : Baiklah, langsung saja kita mulai. Dok, bagaimanakah pendapat anda mengenai meminum air putih?
Narasumber    : Air merupakan sesuatu yang sangat penting, bukan hanya bagi manusia, tetapi juga bagi seluruh kehidupan di bumi ini. Jadi, sudah pasti kita sebagai makhluk hidup sangat memerlukan air. Meminum air putih sudah sangat jelas sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Pewawancara  : apa sajakah manfaat dari meminum air putih, Dok?
Narasumber    : Jika bicara mengenai air putih, ada banyak sekali manfaatnya. Contohnya, air putih sebagai penghilang dehidrasi, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mengontrol kalori dalam tubuh dan menurunkan berat badan, membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, membuat kulit halus dan cerah, menjaga fungsi ginjal, meningkatkan sistem peredaran darah, dan masih banyak lagi.
Pewawancara  : Wah, banyak sekali manfaat air putih bagi tubuh kita. Lalu, berapakah takaran normal yang diperlukan oleh tubuh kita agar tidak kekurangan cairan?
Narasumber   : Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda tergantung aktivitas yang dilakukan. Takaran normal cairan bagi seseorang setiap harinya yaitu sekitar 2 – 2,5 liter. Akan tetapi, jika seseorang melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan cairan, seperti berlari, olahraga, senam, dan sebagainya, maka kebutuhan cairan bagi tubuh akan meningkat.
Pewawancara : Selain meminum air putih, adakah cara lain untuk mendapatkan cairan bagi tubuh, Dok?
Narasumber   : Ya, ada. Selain meminum air, makanan yang kita konsumsi sehari-hari juga mengandung cairan sekitar 20 persen yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Makanan seperti buah dan sayur mengandung banyak cairan dan juga vitamin yang sangat penting bagi tubuh.
Pewawancara : Dokter, adakah waktu tertentu yang sangat baik untuk meminum air putih?
Narasumber    : Meminum air putih dapat dilakukan kapan saja dan tidak ada batasan waktu karena tubuh selalu memerlukan cairan. Meminum air putih pada waktu pagi hari saat perut kosong sangat disarankan oleh para dokter dan ini merupakan waktu terbaik.
Pewawancara  : Mengapa meminum air putih pada pagi hari saat perut kosong dikatakan waktu terbaik, Dok? Apa sajakah manfaatnya?
Narasumber   : Karena saat kita tertidur, tubuh tetap mengeluarkan cairan dan saat kita terbangun kita harus menggantikan cairan yang hilang tersebut. Selain itu, banyak sekali manfaatnya meminum air putih pada waktu ini, yaitu membuat kulit menjadi berkilau, meremajakan otot dan sel-sel darah, menyeimbangkan sistem getah bening, menyeimbangkan sistem limpa, membersihkan usus, menambah darah, menyehatkan ginjal, memperlancar buang air besar, dan juga dapat melangsingkan tubuh.
Pewawancara  : wah, jadi dengan meminum air putih dapat membantu seseorang untuk langsing. Apakah meminum air putih ini sangat baik bagi seseorang yang sedang diet?
Narasumber      : Ya, tentu saja. Dengan banyak meminum air putih, sesorang yang sedang diet dapat terjaga metabolisme tubuhnya, kulit dapat terjaga kelembapannya, menyehatkan ginjal, dan yang terpenting dapat memperlancarpencernaan karena dengan meminum air putih, makanan akan langsung dicerna oleh tubuh.
Pewawancara  : Apa yang terjadi jika seseorang kurang meminum air putih, Dok?
Narasumber    : Seseorang akan kekurangan cairan dan itu sangat berbahaya bagi tubuh. Kurang meminum air putih dapat mengganggu fungsi otak, dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti dehidrasi, suhu badan meningkat, sakit kepala, denyut nadi semakin cepat, lalu dapat mengakibatkan infeksi kandung kemih, menyebabkan kulit menjadi kusam, dan juga membahayakan ginjal.
Pewawancara : Dokter, bagaimanakah menyiasati seseorang yang malas meminum air putih? 
Narasumber   : Meminum air putih dapat dilakukan sambil mengonsumsi makanan, dengan membawa sebotol air putih saat bepergian, ataupun dengan menyediakan air putih di meja kerja.
Pewawancara  : Baiklah Dok, pertanyaan terakhir. Apakah saran anda bagi masyarakat Indonesia mengenai meminum air putih?
Narasumber   : Saran saya yaitu janganlah malas untuk meminum air putih, karena ada banyak sekali manfaat yang didapat dari air putih dan tidak ada kerugiannya sama sekali. Dengan meminum air putih, anda akan mendapatkan hidup yang lebih sehat.
Pewawancara  : Terimakasih atas waktu yang anda luangkan bagi wawancara kami. Semoga masyakarat Indonesia sadar akan pentingnya meminum air putih bagi kesehatan. Sekali lagi, terimakasih banyak, Dok. 
Narasumber   : Ya, terimakasih kembali.
Gambar Gravatar
Blogger yang ingin berbagi kepada semua orang ~~ IG : refsananda ~~ (STKIP Pasundan Cimahi "15)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *