Teks Dialog Interaktif ( Contoh Teks Dialog Interaktif 2017)

Posted on

Dialog interaktif adalah materi yang akan saya sampaikan pada kesempatan hari ini, materi ini yang biasanya di temukan pada  smp kelas 9 semester 1 pada ajaran 2017. Dialog interaktif sering kita jumpai pada media massa seperti streaming atau pun tv. contoh yang kita akan pakai adalah di tv, karena di tv sering sekali acara dialog interaktif seperti pada channel tv-One dan juga metro tv dll. Dialog interaktif biasanya tayang pada pagi hari atau pun malam hari, atau bisa berbentuk tak show..

Teks Dialog Interaktif ( Contoh Teks Dialog Interaktif 2017)

Dialog interaktif biasanya terjadi ketika ada suatu permasalahan yang hangat atau permasalahan yang sedang terjadi di negri ini. Topik yang sering di perbincangkan yaitu pendidikan, ekonomi yang sedang terjadi di negara, ataupun tentang hukum yang ada di indonesia. Biasanya ketika dialog interaktif, acara tv akan mengundang narasumber atau pakar ahli sesuai bidangnya untuk membahas atau memperbincangkan suatu permasalah yang sedang hangat.
Pengertian Dialog Interaktif dan Contoh Dialog Interaktif

Pengertian Dialg Interaktif

Dialog merupakan percakapan yang terarah dengan tujuan tertentu yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Jadi pengertian dialog interaktif adalah percakapan antara narasumber di TV dengan pemirsa tentang suatu hal yang sedang di perbincangkan,

Hal-Hal Yang Harus DiPerhatikan Ketika Menyimak Dialog Interaktif

Ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika kita sedang menyimak suatu dialog interaktif yang terjadi di TV. Perhatikan hal-hal sebagai berikut.

1# Tema Dialog, merupakan pokok dari permasalahan yang akan di perbincangkan oleh narasumber ataU pakar ahli.

2# Narasumber, narasumber biasanya di tentukan dengan topik yang akan diperbincangkan.

3# Pendapat Narasumber, ini yang harus kita perhatikann selain di atas menganai dialog interaktif, yang harus kita ketahui apa saja pendapat yang di sampaikan oleh narasumber.

4# Kesimpulan Dialog, merupakan tahap akhir dalam dialog interaktif dimana kita harus menyimpulkan apa saja yang di perbincangkan narasumber.

Memberikan Komentar dalam Dialog Interaktif  
Setalah kita menyimak sebuah dialog interaktif, hal selanjutnya yang harus kita lakukan adlah memberi kmentar. Memberi komentar adalah contoh sebuah dialog interaktif.

1# Memberikan komentar subjektif, (tidak memihak kedua belah pihak)

2# komentar tidak asal-asalan harus di sertai bukti atau fakta-fakta yang meyakinkan.

3# komentar yang dapat dipahami secara logis.

Ada beberapa hal yang perlu dikomentari dalam dialog interaktif adalah sebagai berikut.

1  Tema dialig, (apakah penting atau biasa saja)

2  Kemampuan dan penguasaan para narassumber terhadap materi yang sedang diperbincangkan.

3  Relevan atau tidaknya pertanyaan peserta dialog interaktif terhadap tema yang sedang di perbincangkan.

4  Benar atau tidaknya tanggapan atau jawaban narasumber atau pertanyaan sebuah peserta dialog.

 Lalu bagaimana cara kita mengetahui isi dialog yang sedang di perbincangkan dalam sebuah dialg interaktif? Caranya adalah dengan cara memperhatikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pewawancara atau wartawan atau peserta dialog.

Contoh Dialog Interaktif

Berikut adalah contoh dialog interaktif yang ada di televisi indonesia yaitu Trans tv dalam acara “Dr. OZ”
Contoh Dialog Interaktif di TV

DIALOG INTERAKTIF STASIUN TV : TRANS TV
DR. OZ Indonesia Senin, 5 juli 2015

Topik              : Mabuk Perjalan
Narasumber    : dr. Ryan Thamrin
Bintang Tamu  : Aganes Monica

Percakapan
dr. Ryan          : “Masih di DR. OZ Indonesia. Kita akan bicara mengenai mabuk.”
agnes            : “Ha? Mabuk?”
dr. Ryan          : “Mabuk perjalanan.”

agnes               : “Iya bener.”
dr. Ryan          : “Bicara masalah mabuk perjalanan, nah ini kan menjelang lebaran, tradisi gak bisa ditolak. Oke, bicara masalah mabuk, organ tubuh pada kita itu apa yang bermain kira-kira?”
agnes               : “Kepala kayaknya, pusing kan?”
dr. Ryan          : “Itu akibatnya pusing.”
agnes               : “Sama lambung, mual.”
dr. Ryan          : “Sama lambung mual, ya… Terus?”
agnes               : “Emm… Udah.”
dr. Ryan          : “Udah itu? Sebenarnya yang memegang kendali saat mabuk perjalanan adalah telinga bagian dalam. Nah untuk lebih jelasnya, yuk kita lihat animasinya. Yuk minggir.Nah itu dia tu ya.” (menunjuk animasi gambar telinga)
agnes               : “Mirip.”
dr. Ryan          : “Pada dasarnya itu di dalam itu ada namanya labirin. Labirin ini saat kita bergerak ke depan ke belakang itu tu labirinnya akan ikut juga. Itu nama organnya labirin. Ke depan ke belakang ke kanan ke kiri. Kita akan lihat lebih dalam lagi, nah di dalam labirin itu ada cairan warna kuning, di cairan warna kuning itu ada rambut, rambut itu adalah reseptor, alat yang mendeteksi setiap gerakan kita. Apabila kita ke kiri, reseptor itu akan ke kiri. Jadi itu adalah pusat dari keseimbangan. Apabila ini mengalami gangguan atau tidak fokus itu akibatnya kita mabuk pejalanan. Pengen tahu?”
agnes           : “Mau dibawa kemana lagi aku dokter?”
dr. Ryan          : “Namanya juga kita mau perjalanan. Saya akan buat kamu mabuk, Tya. Saya akan kasih tau Anda, pemirsa di rumah dan penonton di studio, kenapa seseorang menjadi mabuk. Itu tadi udah ada animasinya, sekarang kita demo dengan kursi. Nah labirin itu tadi kan ikut bergerak, nah ternyata itu ada hubungannya dengan mata. Di saat saya gerakkan kursi ke kanan ke kiri ke kanan lagi ke kiri lagi, putar…” (menggerak-gerakkan kursi)
agnes               : “Aaa dokter… Waa puyeng…”
dr. Ryan          : “Kita putar lagi.”
agnes               : “Waa…”
dr. Ryan          : “Lagi…”
agnes                : “Aaa dokter… Ini udah puyeng ini dokter. Aduh dokter.”
dr. Ryan          : “Oke, nah ini ada kaitannya dengan mata. Biasanya kalau mata kita mengikuti sendor tubuh, yaitu bergerak ke kanan ke kiri ke depan ke belakang atau mutar itu tidak menimbulkan respons mabuk atau mual. Beda halnya kalau kamu sambil baca.”
agnes               : “Oke.”
dr. Ryan          : “Kan biasanya ini pemirsa, di saat kita perjalanan darat, laut, udara, tapi kalau udara sih jarang ya kalau mabuk. Tapi ada beberapa orang yang sensitif  juga mabuk terutama yang darat. Kadang-kadang ya boring, 30 hari perjalanan pulang kampung.”
agnes               : “Ha? Jauh banget?”
dr. Ryan          : “Wah, jauh ya… Kan boring tu berjam-jam, biasanya kan bawa buku sambil baca. Nah gerakan itu tadi sambil baca yuk.”
agnes               : “Huooo… Ini gimana baca ini dokter, nggak baca aja udah puyeng.”
dr. Ryan          : “Oke, nah Tya, kenapa kalau tadi mata dengan membaca itu mudah mabuk? Karena mata kita itu mensensor tubuh kita itu tidak bergerak. Sedangkan indra di labirin itu mensensor tubuh kita bergerak, jadi kayak ada tolak belakang. Itu yang mengakibatkan kita mabuk perjalanan lebih mudah terjadi. Gitu… jadi solusinya pertama, hindari membaca sambil di dalam mobil atau perjalanan. Yang kedua adalah…Boleh di sini, kasihan kamu duduk mulu.”
agnes               : “Haha, oke.”
dr. Ryan          : “ Yang kedua adalah apabila Anda lagi tidak puasa, ini bisa mengkonsumsi jahe, terutama permen. Karena apa? Permen itu dapat mengurangi gangguan pada sistem pencernaan seperti mual atau pusing.”
agnes               : “Permen jahe gitu…”
dr. Ryan          : “Permen jahe, ya… Atau yang ketiga adalah gelang tangan. Gelang tangan ini ada… Apa?”
agnes               : “Iket rambut.”
dr. Ryan          : “Iket rambut, kok gelang tangan. Ini ada kayak seperti memberi tekanan. Itu bisa diapaki sesuai warna kesenangan Anda mau pilih warna apa, kemudian ditekan di bagian sini, pelan-pelan aja…”
agnes               : “Deket urat ini?”
dr. Ryan          : “Iya, pelan… pelan… Itu mengurangi sensor atau istilahnya respons dari terjadinya mabuk perjalanan.
                        Itu tadi Tya, beberapa solusi dari hal-hal yang biasanya mengakibatkan mabuk
agnes               : “Aamiin. Tidak mabuk.”
dr. Ryan          : “Tidak mabuk.”
agnes               : “Lumayan tipsnya, dokter.”
dr. Ryan          : “Iya sama-sama.
                        Jangan kemana-mana, setelah ini ada beberapa pertanyaan e-mail dan twitter yang akan kami jawab. Tetap di DR. OZ…??”
Tya&Penonton: “Indonesia..!!”

Kayaknya masih kurang, berikut ini kamu punya satu contoh lagi dialog interaktif tentang pendidikan
Tika: halo selamat siang pemirsa…
kamal: kembali lagi diacara dialog kita
Tika: kali ini kita akan membahas “pendidikan di Indonesia”
Kamal: dan kita mengundang tamu spesial yaitu ibu sutarti selaku guru di SMA terpelajar.Selamat siang bu..? apa Kabar?
Sutarti: selamat siang semuanya,, saya sangat senang sekali hari ini
Tika: sehubungan dengan pendidikan nih ya bu,, apa pendapat ibu tentang pendidikan di indonesia sekarang,, dan ini masuk kurikulum baru yaitu kurikulum 2013,,
Sutarti: yah umumnya pendidikan di indonesia baik,, dan pemerintah sendiri sudah mewajibkan belajar 9 tahun,,tapi sayangnya masih banyak anak kecil di indonesa ini tidak memanfaatkannya mereka malah sibuk bermain,,dan untuk kurikulum terbaru ini hampir seluruh sekolah di indonesia sudah menggunakannya,, memang kurikulum ini berbeda dari kurikiulum sebelumnya karena ini mengandalkan otak dari siswa2 didik agar mereka lebih mempunyai sikap ingin tahu,,dan bertanggung jawab
Kamal: mungkin kesadaran dari masyarakat sendiriya bu untuk belajar agar bisa membangun indonesia,,,
Sutarti: betul sekali kesadaran tingkat kecerdasan merekan harus diuji agar bangsa indonesia ini bisa terhindar dari penjajahan
Tika: wah pemmbahasan kita keli ini seru sekali.. jadi ayo buruan teman2 untuk belajr tidak ada kata terlambat untuk belajar
Kamal; sekian dan terima kasih dahhh

Kesimpulan Dialog

Kita akan membahas tentang tema “Mabuk Perjalanan” karna setiap hari kita mengalami perjalanan jauh yang menyebabkan mauk perjalanan. Inti pembicaraan dari dialog interaktif itu adalah bagaimana seorang yang sedang mudik mengalami mabuk perjalanan, dan itu terjadi setiap melakukan perjalanan jauh.

Dalam sebuah dialog TV tanggal 5 juli 2015, Narasumber yaitu Dr. OZ memberitahu bagaimana cara mengatasi mabuk perjalanan, Narasumber menyatakan bahwa mengatasi mabuk perjalanan adalah dengan cara hindari membaca sambil di dalam mobil atau perjalanan karna Karena mata kita itu mensensor tubuh kita itu tidak bergerak. Sedangkan indra di labirin itu mensensor tubuh kita bergerak, jadi kayak ada tolak belakang. Itu yang mengakibatkan kita mabuk perjalanan lebih mudah terjadi.

Gambar Gravatar
Blogger yang ingin berbagi kepada semua orang ~~ IG : refsananda ~~ (STKIP Pasundan Cimahi "15)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *