TEKS BERITA ( Pengertian, Struktur, Kaidah kebahasaan dan 3 Contoh Teks Berita)

Posted on
TEKS BERITA adalah materi bahasa indonesia yang kan kita bahas kali ini. Teks berita ini akan kita temui pada kurikulum 2013 untuk kelas XII SMA/SMK Adapun kali ini kita akan membahas lengkap semua tentang teks berita. Yaitu yang akan kita bahas mengenai teks berita antara lain pengertian, struktur teks, kaidah kebahasaan dan contoh teks berita yang semoga bisa bermanfaat untuk mempelajari pelajaran  bahasa indonesia kalian.

Pengertian Teks Berita
Teks Berita adalah teks yang melaporkan kejadian, peristiwa atau infomasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi. Penyampaian berita ini bisa dilakukan secara lisan yang sering kita dengar dan lihat di televisi, dan secara tulisan yang dapat kit abaca di media cetak.

Struktur Teks Berita
Ada beberapa struktur yang membangun teks berita. Stuktur teks tersebut merupakan struktur yang membangun teks sehingga menjadi satu kesatuan teks yang utuh. Struktur teks berita terdiri atas judul, teras dan tubuh berita.
Struktur Teks Berita

Struktur teks merupakan gambaran cara teks tersebut dibangun. Tahukah kalian bahwa teks berita disusun dengan struktur teks peristiwa berita diikuti oleh latar belakang peristiwa dan diikuti oleh sumber berita? Untuk lebih mudahnya bisa dilihat dibawah.

  1. Orientasi berita, merupakan pembuka tentang hal yang akan diberitakan.
  2. Peristiwa, merupakan tahap inti dari berita. Pada tahap ini berita dinarasikan sedemikian rupa hingga tersaji beberapa fakta yang dimunculkan kemudian.
  3. Sumber Berita, sumber berita tidak selalu berada di akhir berita, ia bisa berada di dalam berita itu sendiri.

TEKS BERITA ( Pengertian, Struktur, Kaidah kebahasaan dan 3 Contoh Teks Berita)

Judul
Judul merupakan kata kunci yang mewakili keseluruhan berita. Pada teks berita, judul biasanya memuat tentang apa kejadian yang dibahas atau disampaikan. Judul dibuat semenarik mungkin sehingga pembaca tertarik untuk membaca berita tersebut.  Seperti halnya dalam teks I di atas, judul yang dipakai yaitu “Sebulan Berlalu, Air Masih Menggenangi Beberapa Lokasi di Manado” yang ketika kita baca, sangat menarik. Judul berita berfungsi menolong pembaca yang bergegas untuk cepat mengenal kejadian-kejadian yang terjadi di sekelilingnya untuk diberitakan. Judul ini merupakan bagian terpenting dari berita. Hal ini karena sebelum masuk pada isi berita, pembaca akan melihat judul berita terlebih dahulu.
Halama depan
Halaman depan atau lead berita adalah bagian yang sangat penting dari berita. Di dalam teras berita terangkum inti dari keseluruhan isi berita. Setiap lead juga ditulis untuk menarik pembaca melihat lebih lanjut isi berita.

Tubuh
Bagian ini merupakan inti dari teks berita. Tubuh berita merupakan kelanjutan isi berita yang dapat memberitahukan secara lebih rinci tentang keseluruhan peristiwa atau informasi yang diberitakan.

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Dari sebuah teks juga dapat kita analisis kaidah kebahasannya. Dalam teks berita kaidah yang harus terpenuhi yaitu teks harus disajikan dengan informasi yang aktual dan bersifat umum. Bahasa yang diunakan harus bersifat baku atau standar bahasa Indonesia, sehingga menjembatani pemahaman banyak khalayak dari berbagai kalangan karena lebih dipahami oleh semuanya.
Aspek kebahasaan lain yang ada dan sering muncul dalam teks berita adalah digunakannya kalimat langsung dan tidak langsung. Sebagai contoh mari kita lihat kalimat langsung dan tidak langsung dari teks berita yang berjudul “Sebulan Berlalu, Air Masih Menggenangi Beberapa Lokasi di Manado,” berikut kalimatnya.
Kalimat langsung:
– “Air di sini tidak mau surut, tetap tergenang. Kalau hujan datang, air langsung masuk di dalam rumah, karena selokan tersumbat,” ujar Yudi.
Kalimat tidak langsung:
– Menurutnya, pemerintah kota Manado tidak mencari solusi yang tepat untuk mengatasi hal itu.
– Menurut dia, percuma saja mereka membersihkan rumah mereka, karena air bercampur lumpur di jalan masih ada.

Silahkan Saudara perhatikan contoh berita tersebut dan tentukan struktur serta kaidahnya!

Jenis-Jenis Berita
Yang di atas itu adalah jenis-jenis berita (type of news) dari segi format atau bentuknya secara umum yang tersaji di media massa.

Ada lagi jenis berita dari segi isi (konten, topik), misalnya berita politik, berita ekonomi, berita sepakbola (olahraga), dan sebagainya.

Jenis berita dari sisi “geografis” juga ada, seperti berita lokal (daerah sekitar atau setempat, misalnya kota/kabupaten), berita regional (wilayah lebih luas, mislanya provinsi), berita nasional, dan berita internasional.

jenis-jenis berita jurnalistik atau jenis-jenis berita dalam perspektif jurnalistik, yaitu:

1. Straight News
Berita langsung. Apa adanya, ditulis secara singkat dan lugas. Sebagian besar halaman depan surat kabar (headline news) berisi berita jenis ini. Demikian pula berita radio, televisi, dan media online sebagian berupa besar berita jenis ini.
2. Hard News
Sama dengan Straight News, yakni berita yang memiliki nilai lebih dari segi aktualitas dan kepentingan atau amat penting segera diketahui pembaca. Ada juga yang mengartikan Hard News dengan berita-berita “serius” menegangkan, misalnya berita teroris, kerusuhan, dan sejenisnya.
3. Soft News
Berita ringan. Nilai beritanya (new values) di bawah Hard News, tidak sepenting Straight News. Bisa pula diartikan sebagai berita yang “tidak menegangkan”, misalnya berita kelahiran anak maung (eh… anak harimau) di kebun binatang.

4. Depth News
Berita mendalam. Tidak sekilas, lebih panjang dan “lebih lama” dari berita no. 1. Wartawan melakukan pendalaman dengan latar belakang, dampak, pandangan pakar, dan sebagainnya.

5. Investigation News
Investigative News. Berita Investigasi. Berita yang disusun dan diolah berdasarkan penyelidikan. Wartawan meliput sebuah peristwa layaknya “intelijen”. Butuh waktu, butuh keberanian juga, bahkan kadang-kadang harus menyamar layaknya intel.
6. Interpretative News
Berita interpretasi. Berita yang disusun berdasarkan “penafsiran” atau pendapat narasumber tentang suatu peristiwa atau masalah. Ada satu peristiwa, lalu wartawan mengembangkannya dengan mewawancarai pengamat atau narasumber lain yang kompeten.
7. Opinion News
Berita yang berisi pendapat ahli, pengamat, atau narasumber tentang suatu peristiwa atau masalah. Bisa juga berupa berita yang berisi pemikiran atau “isi pidato” seorang pejabat atau pengamat di sebuah acara, seminar misalnya.

Wartawan mencatat poin penting, intisari, atau “isi omongan” yang sekiranya penting dan menarik untuk diketahui publik.

Jenis Berita Lain
Masih banyak jenis berita lain, jika kita mau mengembangkannya. Misalnya, berita yang berisi fakta palsu atau cerita bohong, maka disebut Berita Bohong, Berita Palsu, atau berita yang menipu (karena berisi dusta). Kita mengenalnya sebagai HOAX.

Dalam literatur jurnalistik, ada istilah yang mirip bahkan semakna dengan hoax, yaitu LIBEL dan SLANDER yang “dipinjam” dari istilah hukum (law).

Libel = berita bohong yang berisi penghinaan, hujahan, penistaan, atau pencemaran nama baik secara tertulis. Slander = secara lisan.

Contoh Teks Berita

Akhirnya, sampailah kita pada inti pembahasan dalam materi ini, yakni contoh teks berita. Seperti yang kami kemukakan sebelumnya, bawah dalam contoh kali ini, akan kami sajikan 5 berita tentang beragam peristiwa terbaru yang terjadi dimasyarakat. Peristiwa yang kami angkat dalam contoh ini terdiri dari; peristiwa kecelakaan, kebakaran, banjir, politik, dan kriminal plus 1 contoh teks berita dalam bahasa Inggris. Semuanya akan ditulis mengikuti format 5WH1. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini contohnya:

1. Contoh Teks Berita tentang Kecelakaan

Berikut ini adalah contoh teks berita tentang peristiwa kecelakaan kereta api yang terjadi baru-baru ini, selasa 15/12/2015 di Medan.
Keluar Jalur, Kereta Api Sri Lelawangsa Tabrak Tembok Pembatas Rel

Empat rangkaian gerbong kereta jurusan Medan-Binjai keluar dari jalur dan menabrak tembos pembatas rel di kawasan Jalan M.T Haryono kota Medan, Selasa (15/12/2015) (What, Where, When)

Peristiwa ini membuat warga setempat panik, pasalnya rangkaian kereta ini tiba-tiba memasuki jalur rel yang telah lama ditutup atau tidak difungsikan lagi.

Kereta penumpang Sri Lelawang Syah jurusan Medan-Binjai ini melaju kencang hingga pindah ke jalur kosong yang buntu dan tidak terintegrasi ke jalur lainnya sehingga menabrak tembok pembatas yang berada sekitar 100 meter dari stasiun besar kereta api Medan. (How)

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Di duga kereta tiba-tiba berpindah jalur karena ada kelalaian operator. Namun, kepala stasiun besar kereta api Medan, Nahruddin, yang tiba dilokasi kejadian belum memberikan keterangan terkait penyebab kecelakaan ini. (Why, Who)

2. Contoh Teks Berita tentang Kebakaran

Contoh teks berita berikut ini adalah tentang peristiwa kebakaran yang belum lama ini terjadi:
Kebakaran Landa Pasar Sukaramai Pekanbaru

Kebakaran terjadi di pasar Sukaramai Pekanbaru Riau, Selasa sore (8/12/15) membuat panik pedagang yang berusaha menyelamatkan barang dagangan mereka. (What, Where, When)

Api menghanguskan kios dan toko pedagang di lantai dasar. Petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena terhambat kepulan asap hitam. (What, Why)

Untuk memadamkan api petugas berusaha menembus ruangan yang terbakar di lantai dasar. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polresta Pekanbaru. (How, Why)

3. Contoh Teks Berita tentang Banjir

Contoh teks berita berikut ini adalah berkaitan dengan peristiwa banjir yang baru-baru ini terjadi.
Puluhan Hektare Tambak dan Sawah di Lamongan Terendam Banjir

Puluhan hektar lahan tambak dan tanaman padi di dua Kecamatan di Lamongan Jawa Timur terendam banjir akibat jebolnya tanggul sungai Pelalangan. Tambak dan lahan padi yang terendam ini membuat petani merugi. (What, Where)

Tanggul sungai Pelalangan di Desa Plosowahyu Kecamatan Lamongan Jawa Timur, Senin malam (15/12/15) jebol setelah diterjang banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Lamongan Selatan. Tanggul sungai jebol sepanjang 10 meter sehingga membuat air menggenangi puluhan hektar lahan tambak dan tanaman padi di Kecamatan Lamongan dan Kecamatan Turi. (When, Why)

Menurut salah seorang petani, tanggul mulai jebol sekitar jam 09.00 malam akibat luapan sungai Pelalangan yang terus meluber. Jebolnya tanggul ini merupakan yang kedua kalinya terjadi. Bahkan, tahun lalu rumah warga juga sempat terendam banjir. (How)

Para petani di Desa Plosowahyu merasa resah karena sejumlah titik tanggul di desanya juga mulai retak-retak-retak dan rawan jebol. Mereka hanya berharap pemerintah Kabupaten Lamongan segera memperbaiki tanggul agar petani tidak terus merugi. (Who)

Akibat banjir yang merendam lahan tambak dan tanaman padi ini, petani mengalami kerugian hingga jutaan rupiah. (Who)

4. Contoh Teks Berita tentang Politik

Berikut ini adalah contoh teks berita tentang peristiwa politik yang baru-baru ini terjadi:
Temukan Pelanggaran, KPU Poso Gelar Pemilihan Ulang

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menggelar pemilihan ulang pada Sabtu, (12/12/2015), menyusul temuan pelanggaran saat tanggal 9 Desember lalu. (What, When, Why)

Sebanyak 549 pemilih di TPS 3 di salah satu kelurahan di Kecamatan Poso Kota Utara memilih ulang. (Where)

Panwaslu Kabupaten Poso mengatakan pemilihan ulang diputuskan setelah ada pelanggaran oleh salah seorang pemilih yang menerima lebih dari 1 surat suara (Why)

Dalam pemilihan ulang penyelenggara juga mengganti ketua dan seluruh anggota KPPS. Pelaksanaan pemilihan ulang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Poso yang di ikuti 4 pasangan berjalan dengan lancar dengan penjagaan dari aparat kepolisian. (How)

5. Contoh Teks Berita tentang Kriminal

Berikut ini adalah contoh teks berita tentang peristiwa kriminal
Polisi Bongkar Sindikat Penjual Sabu di Bekasi

Sindikat penjualan narkoba jenis sabu berhasil dibongkar oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Kota Bekasi, Jawa Barat. Senin (14/12/2015). (What, When, Where)

Dari operasi ini polisi berhasil menangkap empat orang tersangka dan menyita 13 kg sabu. Pengungkapan ini berawal dari penangkapan tersangka berinisial DK di Jembatan Caman Kelurahan Jati Bening, Bekasi. (What, How, Who).

Dari tangan tersangka pihak kepolisian berhasil menyita 1,24 gram sabu. Dari pengembangan kasus polisi berhasil mengungkap pengedar berinisial RD di wilayah Johar Baru, Jakarta Pusat. (What, Why)

Polisi berhasil menyita 24 bungkus plastik sabu dengan berat total 13 kg atau setara dengan Rp. 19,5 milyar. Pengedar RD adalah mantan residivis dengan kasus yang sama. (What, Who)

Contoh Teks Berita dalam Bahasa Inggris

Seperti yang kami janjikan sebelumnya bahwa akan kami berikan juga untuk Anda 1 contoh teks berita dalam bahasa Inggris. Berikut ini contohnya:
The Postponing of Death Execution

Dead execution to drug dealers from Australia was delayed due to technical problems, not because of protests by Australia and Brazil to Indonesia. The execution will definitely be implemented by the Indonesian government in the near future.

“The execution is delayed due to some technical problems. There is no intervention or pressure from foreign country. Even if there are pressures, we will not fear and do it anyway. It is not a problem for us,” said Attorney General HM Prasetyo at the attorney general’s office on Monday (23 / 2/2015).

Prasetyo explained that the technical problems are the lack of coordination between agencies, unpreparedness of the place, and the lack of facilities in Nusakambangan. The execution will be carried out, if all these problems can be overcome.

“If the issue is completed on March, we will do the execution soon,” added Prasetyo.

Government’s assertiveness toward convict of drug abuse caused tension between Indonesia and the country which is its people will be executed in Indonesia, particularly Australia and Brazil. Nevertheless, the government will not be afraid to face it.

“It is part of the diplomatic relations. There is no problem in our diplomatic relations with others countries. We will continue to run what has become law in our country,” Prasetyo convinced.

Gambar Gravatar
Blogger yang ingin berbagi kepada semua orang ~~ IG : refsananda ~~ (STKIP Pasundan Cimahi "15)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *