Contoh Pidato Singkat ( pendidikan dan lingkungan )

Posted on
Contoh Berpidato Singkat adalah pelajaran bahasa Indonesia yang akan saya jelaskan kali ini. Adapun materi contoh  teks pidato  yang akan kita pelajari yaitu tentang cara berpidato, dan contoh pidato sinkat tentang pendidikan yang akan saya berikan dibawah ini. Baiklah langsung saja kita simak materi berikut.

Contoh Berpidato Singkat
sebelum memulai berpidato  sebaiknya kita mengetahui cara-cara berpidato agar lebih professional, cara pertama adalah membuat dan mencermati teks pidato yang hendak dibawakan. Isi pidato sebaiknya dibuat menarik mungkin agar pembaca tidak bosan dan mau menyimak dengan seksama isi pidato. Selanjutnya, ia harus menandai bagian-bagian tejs pidato yang merupakan pokok-pokok isi pidato dan bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung. Adapun cara menentukan pokok-pokok isi dan infrmasi pendukung sama dengan menentukan gagasan utama dan gagasan penjelas paragraf.
bagian yang merupakan pokok-pokok isi pidato harus dibacakan dengan volume lebih tegas dan keras agar lebih jelas, mari kita tandai penggalan teks pidato dibwah ini.

pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena pada hari ini kita dapat bertemu kembali dan berkumpul digedung ini untuk mengikuti seminar”Peranan kearifan lokal dalam kegiatan pelestarian lingkungan”.

Bagian yang bercetak tebal tersebut merupakan pokok dari penggalan pidato. Bagian ini harus dibaca dengan volume (suara) yang lebih tegs dan keras. Bagian yang lain merupakan informasi pendukung sehingga dibaca dengan volume (suara) lebih lembut.

Contoh Pidato ( Pendidikan )

Pendidikan yang Menginspirasi

Yang saya hormati Bapak/Ibu…
Serta, saudara-saudara sekalian yang saya muliakan
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tiada kata yang paling pantas diucapkan pada kesempatan ini selain memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmatNya jualah sehingga kita bisa bersama-sama disini dalam rangka membicarakan seputar permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh negeri yang kita cintai ini. Kehadiran bapak, ibu, serta saudara-saudara sekalian ditempat ini adalah bukti bahwa kita semua ingin melihat pendidikan kita menjadi lebih baik lagi.

Contoh Pidato Singkat Pendidikan

Hadirin yang Berbahagia

Kiranya, kita semua memahami bahwa pendidikan itu adalah salah satu pilar penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan memiliki peran yang sangat strategis dalam perkembangan suatu bangsa. Melalui pendidikan, kualitas sumber daya manusia suatu bangsa ditingkatkan. Oleh karena itu, pemerintah sebagai pemegang kebijakan pendidikan nasional harus mampu menjamin terselenggaranya sistem pendidikan yang merata disemua daerah tanpa terkecuali

Apalagi, konstitusi kita, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia dalam Pasal 31 ayat 1 sampai 5 dengan jelas mengamanatkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Pemerintah wajib membiayai warga negara tersebut untuk mengikuti pendidikan dasar. Negara diperintahkan untuk memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari nilai APBN dan APBD untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional. Untuk ini semua, kita patutlah memberikan apresiasi pada pemerintah karena telah melaksanakan tugas tersebut dengan baik.

Namun, yang menjadi kendala utama dalam penyelenggaraan pendidikan adalah kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan. Masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa pendidikan itu tidaklah terlalu penting. Pendidikan hanya buang-buang waktu saja, lebih baik bekerja, bisa menghasilkan uang dan membantu ekonomi keluarga. Akibatnya, banyak anak-anak yang seharusnya berada disekolah untuk menimba ilmu, ditemukan ditempat-tempat pekerjaan kasar bergabung bersama orang-orang dewasa. Kondisi ini banyak terjadi pada mereka yang hidup digaris kemiskinan.
Hadirin yang berbahagia

Problem ini sebenarnya dapat diatasi dengan memberikan kesadaran tentang arti penting pendidikan untuk masa depan. Proses penyadaran tersebut dapat dikombinasikan dengan pemberian cerita-cerita sukses yang dapat menginspirasi mereka untuk terus bersekolah.   Kita harus bisa meyakinkan mereka bahwa pendidikan merupakan jalan tepat untuk meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik lagi. Langkah ini adalah tanggung jawab kita semua. Sebuah tugas mulia karena sejalan dengan cita-cita negara ini untuk mewujudkan anak bangsa yang cerdas. Meskipun sulit, tetap harus dilakukan agar anak-anak bangsa terlepas dari belenggu kebodohan.

Akhir kata, semoga Allah SWT memberikan kekuatan pada kita semua untuk melaksanakan tugas mulia ini. Terimakasih atas perhatian saudara-saudara sekalian, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Lingkungan

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah 

Assalamualaikum Wr.Wb

Yth. Bapak/Ibu Guru yang kami hormati
Serta teman-temanku semua yang saya cintai

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karuniaNYA sehingga kita semua dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Contoh Pidato Singkat Lingkungan Pendidikan

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
Sebelum saya memulai pidato ini, saya akan mengingatkan tentang slogan-slogan yang menempel di hampir setiap koridor sekolah kita, diantaranya “bersih pangkal sehat”, “kebersihan adalah sebagian dari iman”, “jagalah kebersihan”. Tapi apakah slogan-slogan tersebut telah menggugah kita untuk mengamalkannya? Seringkali kita melihat murid-murid yang membuang sampah sembarangan, baik itu berupa kertas-kertas bekas maupun bungkus-bungkus bekas makanan jajanan mereka…

Tentu kita sebagai warga sekolah tidak mau melihat sampah tersebut berserakan dimana-mana. Sampah tadi juga dapat mencemari lingkungan sekolah kita, baik di dalam kelas maupun diluar kelas, selain itu kotornya lingkungan sekolah juga dapat menjadikan suasana belajar kita menjadi tidak nyaman.

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
Demi tercapainya lingkungan yang bersih dan nyaman di tempat kita belajar, perlu sekali dilakukan tindakan yang bersifat mengajak kesadaran kepada setiap siswa untuk menjaga kebersihan yang bersifat mengatasi masalah di atas. Agar tindakan tersebut menjadi contoh kepada siswa-siswa yang masih belum sadar tentang betapa pentingnya kebersihan di lingkungan sekolah. Dengan tindakan-tindakan tersebut diharapkan para pendidik mampu menyadarkan siswa untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolahnya

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
Janganlah slogan-slogan yang tadi saya contohkan tersebut tidak kita pedulikan seperti hiasan belaka tanpa kita laksanakan, contohnya masih banyak siswa yang membuang sampah sembarangan, merobek-robek kertas di kelas, kalau buang air kecil tidak disiram dan menimbulkan bau yang tidak sedap, selain itu juga masih ada lagi contoh-contoh lain yang mencerminkan siswa tidak menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan di sekolah mereka.

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
Kita tidak maukan sekolah kita menjadi kotor,kumuh dan penuh dengan sampah. Sampah-sampah tadi juga dapat mencemari lingkungan baik di dalam kelas maupun di luar kelas, selain itu juga dapat menyebabkan suasana belajar kita tidak nyaman akhirnya kita tidak konsentrasi dengan pelajaran yang diberikan bapak/ibu guru.

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
Saya berharap dengan adanya tindakan-tindakan tersebut, diharapkan mampu menyadarkan para siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolahnya. Kebersihan berpengaruh besar terhadap kesehatan maka dari itu kebersihan perlu dijaga oleh kita dan untuk kita juga.

Sebagai penutup saya ingin mengajak semua teman-teman untuk saling bahu membahu menjaga lingkungan sekolah yang kita cintai ini agar menjadi sebuah sarana belajar yang kondusif dan nyaman dengan mengawalinya dari kebersihan….

Demikian pidato dari saya ini, kurang lebihnya saya mohon maaf…

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Gambar Gravatar
Blogger yang ingin berbagi kepada semua orang ~~ IG : refsananda ~~ (STKIP Pasundan Cimahi "15)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *