8 Contoh Paragraf Analogi Singkat/Pendek Sederhana (tentang cinta, sebab akibat, pendidikan, teknologi, sekolah, dan generalisasi)

Posted on

Contoh paragraf analogi singkat/pendek sederhana terbaru ada pelajaran bahasa indonesia kurikulum kutirnas. Paragraf analogi merupakan salah satu dari paragraf yang memiliki penalaran induktif. Paragraf Analogi sendiri merupakan suatu paragraf yang membandingkan antara 2 hal yang memiliki kesaman atau hampir sama satu sama lain yang akan disimpulkan di akhir paragraf. Contoh yang akan kami berikan mengenai paragraf analogi tentang cinta, sebab akibat, pendidikan, sekolah, dan generalisasi, deklaratif, dan banjir.

8 Contoh Paragraf Analogi Singkat/Pendek Sederhana (tentang cinta, sebab akibat, pendidikan, teknologi, sekolah, dan generalisasi)

Pengertian Paragraf Analogi

Paragraf analogi adalah paragraf yang membandingkan suatu objek dengan sobjek lain dalam hal tertentu kemudian disimpulkan di akhir paragraf. Kalimat di awal paragraf memaparkan hal-hal yang menjadi topik pembicaraan, Kemudian kalimat-kalimat berikutnya membandingkan letak persamaan yang dimiliki oleh dua hal yang berbeda. Selanjutnya persamaan dari objek-objek tersebut disimpulkan pada akhir kalimat.

Contoh Paragraf Analogi

berikut adalah beberapa contoh mengenai paragraf analogi singkat sederhana.

Contoh 1

contoh 1 merupakan contoh paragraf analogi pendek/singkat tentang cinta beserta penjelasannya.
Cinta ibarat kanker  darah yang ketika patah hati kadang  dapat menyebabkan suatu hal bodoh (kematian) , cinta dapat dialami pria dan wanita, dan trauma jatuh cinta  karena patah hati bisa terjadi berbulan-bulan , bahkan bertahun-tahun. Kanker darah (leukemia) merupakan penyakit yang dapat mematikan, menyerang siapa saja tak pandang buluh, terjadi selama berbulan-bulan juga bisa bertahun-tahun. Jadi, kanker darah dapat diibaratkan cinta yang ketika terjangkit dapat mematikan , dapat menyerang pria dan wanita , dan  terjadi berkisar antara bulanan bahkan tahunan.

Contoh 2

contoh kedua merupakan contoh  paragraf analogi singkat tentang sebab akibat hujan.
Paragraf ini diawali dengan memaparkan hal – hal khusus yang berupa sebab – sebab, kemudian disimpulkan pada bagian akhir yang merupakan akibat dari sebab tersebut.
Contoh
Hujan yang terjadi pada malam hari itu sangatlah deras, bahkan hujan tersebut terjadi sepanjang hari tanpa henti. Air yang terus mengalir tersebut memenuhi selokan hingga selokan itu tidak bisa menampung air lagi. Terlebih lagi dengan keadaan sungai yang telah sempit dan dangkal membuat air meluap hingga ke perkampungan penduduk. Oleh karena itu, banjir datang dan menggenangi seluruh perkampungan penduduk.
Contoh
Saat ini banyak hutan yang telah beralih fungsi menjadi tempat permukiman. Mereka memaksa semua binatang yang ada di dalamnya untuk pergi dari rumah mereka. Tak hanya itu, perburuan yang massif pun sering terjadi. Para pemburu dengan seenaknya membunuh binatang – binatang yang ada. Akibatnya, binantang – binatang sekarang berada di ambang kepunahan.
 

Contoh 3

contoh ketiga merupakan contoh paragraf analogi yang berada di lingkungan sekolah besertadengan penjelasaanya.
Seorang yang menuntut ilmu itu bagaikan sedang mendaki puncak gunung, Saat mendaki itulah beribu banyak rintangan membentang hingga membuatnya jatuh tersungkur, ada juga semak – semak belukar yang sangat sulit untuk dilalui. Demikian juga pada orang yang sedang menuntut ilmu, ada banyak kesulitan yang menghadang seperti sulit dalam hal perekonomian, sulit untuk memahamai pelajaran dan yang lainya. Jadi menuntut ilmu itu layaknya seperti menaiki gunungn agar mencapai puncaknya.

Contoh 4

Contoh keempat merupakan contoh paragraf analogi singkat tentang genaralisasi dan teknologi dengan penjelasan sederhana.
1.Generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data. Jumlah data atau peristiwa khusus yang dikemukakan harus cukup dan dapat mewakili
Contoh :
Bensin merupakan jenis bahan bakar apabilaterkena api akan mudah terbakar. Demikian jugaminyak tanah, termasuk bahan bakar yang mudahterbakar. Solar pun demikian pula halnya, bilaterkena api akan mudah terbakar. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasemua jenis bahan bakar apabila terkena api.
Dua anak kecil ditemukan tewas di pinggir Jalan Jendral Sudirman. Seminggu kemudian, seorang anak wanita hilang ketika pulang dari sekolah. Sehari kemudian, polisi menemukan bercak-bercak darah dikursi belakang mobil Anwar. Polisi juga menemukan potret dua orang anak yang tewas di Jalan Jenderal Sudirman dalam kantung celana Anwar. Dengan demikian, Anwar adalah orang yang dapat dimintai pertanggung jawaban tentang hilangnya tiga anak itu.

Gambar Gravatar
Blogger yang ingin berbagi kepada semua orang ~~ IG : refsananda ~~ (STKIP Pasundan Cimahi "15)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *