7 Contoh Recount Text Singkat dan Artinya (tentang Liburan, Sejarah, Pengalaman tak terlupakan, dan dirumah nenek) Beserta Generic Structure

Posted on

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pelajaran bahasa indonesia yaitu tentang contoh recount text singkat/pendek, dan panjang, dimana akan kita bahas mengenai contoh Beserta Generic Structurenya. recount text singkat yang akan dibahas yaitu tentang liburan sekolah, liburan, liburan singkat, sejarah, pengalam tak terlupakan, dan pengalaman dirumah nenek dengan artinya.

7 Contoh Recount Text Singkat/Panjang dan Artinya (tentang Liburan, Sejarah, Pengalaman tak terlupakan, dan dirumah nenek) Beserta Generic Structure

Pengertian Recount Text

Recount Text adalah salah satu jenis text dalam bahasa Inggris yang menceritakan kembali tentang kejadian-kejadian atau pengalaman-pengalaman di masa lampau. Tujuan dari Recount Text adalah untuk memberikan informasi atau untuk menghibur pembaca sehingga tidak terdapat konflik.

Struktur Recount Text (Generic Structure)

ada beberapa generic structure mengenai recount text ini sebagai berikut.
  1. Orientation: memceritakan mengenai latarbelakang  informasi tentang siapa, di mana, kapan kejadian atau peristiwa terjadi.
  2. Events: menceritakan suatu peristiwa yang terjadi setelahnya diceritakan sesuai urutan kronologis.
  3. Reorientation: berisi rangkuman atau conclusion dari semua kejadian. Pada bagian ini juga berisi pendapat atau kesan penulis tentang kejadian yang diceritakan.

Contoh Recount Tex Singkat dan Artinya

beberapa contoh recount text tentang liburan, pengalaman tak terlupakan, dan dirumah nenek sebagai berikut.

Contoh 1

contoh 1 merupakah contoh recount text tentang liburan perjalanan ke pantai.
A Trip to Tanjung Setia Beach
Last year, at the end of the year, my wife and I decided to spend our holiday at Tanjung Setia beach, which located around 234 kilometers from Bandarlampung.
When we arrived at the beach, we were surprised to see the beautiful view of the beach.  After having a quick dip in the ocean, which was really cold and windy, we realized that there were not many people there. We thought that it happened because it was too windy there during that time but we finally realized that it was Christmas holiday so almost all of tourists who are used to spending time there went back to their country.
After spending few times swimming in the beach, we bought some hot chips at the takeaway store nearby, and we rode our bikes down the beach for a while, on the hard, damp part of the sand.   The next day we visited Labuan Jukung beach. There, we were amazed to see the high wave owned by this beach. Because it was so high that no body was brave enough to surf on it that time.
The third day there, we decided to go home when we finally made it back home, we were both totally exhausted because of the trip but we were so happy to travel such an amazing beach Lampung province has.
Analisa :
Orientation : Paragraf pertama, (Last year, at the end of the year, my wife and I …)
Events : Paragraf kedua dan ketiga.
Reorientation : Paragraf keempat (terakhir)
Perjalanan Liburan ke Pantai Tanjung Setia
Tahun lalu, pada akhir tahun, saya dan istri saya memutuskan untuk menghabiskan liburan kami di pantai Tanjung Setia, yang terletak sekitar 234 kilometer dari Bandarlampung.
Ketika kami tiba di pantai, kami terkejut melihat pemandangan indah pantai tersebut. Setelah menceburkan diri sejenak di pantai, yang benar-benar dingin dan berangin pada waktu itu, kami menyadari bahwa tidak ada banyak orang di sana. Kami berpikir bahwa itu terjadi karena angina terlalu besar pada waktu itu tapi kami akhirnya menyadari bahwa hari itu adalah hari libur Natal sehingga hampir semua wisatawan yang terbiasa untuk menghabiskan waktu di sana kembali ke negara mereka.
Setelah menghabiskan beberapa waktu berenang di pantai, kami kemudian membeli beberapa keripik hangat(yang baru saja digoreng) di toko di dekat pantai itu, dan kami kemudian bersepeda di pantai untuk beberapa saat, di pasir yang basah itu. Keesokan harinya kami mengunjungi pantai Labuan Jukung. Di sana, kami terkagum-kagum melihat ombak tinggi yang dimiliki oleh pantai ini. Karena begitu tingginya sehingga tidak ada yang cukup berani untuk berselancar di atasnya saat itu.
Pada hari ketiga ada, kami memutuskan untuk pulang ketika kami akhirnya sampai kembali ke rumah, kami berdua benar-benar lelah karena perjalanan itu tapi kami sangat senang melakukan liburan di pantai yang menakjubkan yang dimiliki provinsi Lampung tersebut.

Contoh Recount Text Pendek

contoh kedua merupakan contoh recount text pendek tentang sejarah mengenai R.A Kartini
R.A. Kartini
Every April 21 people in indonesia commemorate the kartini day. It is beautiful day for the woman because we celebrate the birth of great lady R.A. Kartini. Everyone knows who Kartini is. She is our national heroine and a great lady with the bright idea.
Kartini was born in 1879 April 21 in mayong jepara. Her father was Rama Sosroningrat a Wedana (assistant of head of regency) in mayong. Her mother, Ma Ngasirah was a girl from Teluk Awur village in Jepara as the daughter of a noble family, she felt luck because she got more than the ordinary people got. She got better education than other children. In november 12 1903 she married adipati djoyodiningrat, the head of rembang regency. According to javanese tradition Kartini had to follow her husband. Then she moved to rembang.
In September 13 1904 she gave a birth to her son. His name was Singgih. But after giving birth to a son, her condition was getting worse and she finally passed away on september 17 1904 on her 25 years old.
Now Kartini has gone. but her spirit and dream will always be in our heart. Nowadays Indonesian women progress is influenced by kartini’s spirit stated on collection of letter “habis gelap terbitlah terang” or  from the dusk to the dawn.

Contoh Recount Text Panjang

contoh ketiga merupakan contoh recount text tentang pengalaman yang tak terlupakan ketika tahun baru
New Year Holiday Story

The last school holiday, I spent the time with my family on vacation to a relative’s house in Madiun, approximately 6 hour trip by bus from our home in Malang.
On the way there, we saw many beautiful views such as rice fields, mountains, etc. Having arrived at the uncle’s house, we were greeted by our relatives who had not met us for a long time. The next day, we walked around the town of Madiun until the sky got dark. Finally we decided to go home at 6:00 p.m. on that day.
On the next day, I forgot that it was the New Year. Sudenly, one of my cousins ​​came and asked me to celebrate the New Year’s Eve together. At night, I went together with him to the center of the city of Madiun which had already been so crowded because a lot of people who also wanted to celebrate the New Year with his family. When the countdown arrived, the sky which was dark at once then became so colorfully decorated by fireworks. We prayed together and watched the fireworks lightening the sky that night.
Suddenly, the holiday passed quickly. The last New Year’s holiday experience in the city of Malang was so impressive for me.
Cerita Liburan Tahun Baru
Liburan sekolah yang lalu, aku menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berlibur ke rumah saudara di Madiun, kurang lebih 6 jam perjalanan menggunakan angkutan bis dari rumah kami di Malang.
Dalam perjalanan kami melihat banyak pemandangan yang indah seperti sawah, gunung ,dll. Sesampainya di rumah paman, kami disambut oleh saudara-saudara kami yang sudah lama tak bertemu kami. Keesokan harinya, kami jalan-jalan mengelilingi  kota Madiun sampi langit mulai gelap. Akhirnya kami memutuskan untuk pulang pada pukul 18.00 pada hari itu.
Di hari berikutnya, aku lupa bahwa hari itu adalah tahun baru. Tetiba salah seorang sepupuku datang dan mengajak untuk merayakan malam pergantian tahun bersama. Di malam harinya aku pergi bersamanya ke pusat kota Madiun yang sudah ramai sekali karena banyak orang yang juga ingin merayakan tahun baru bersama keluarganya. Saat perhitungan mundur tiba, langit yang tadinya gelap sekarang menjadi warna-warni dihiasi oleh kembang api. Kami berdoa bersama sambil menyaksikan kembang api yang menerangi langit malam itu.
Tak terasa libur pun berlalu dengan cepat. Pengalaman libur tahun baru yang lalu di kota Malang sungguh mengesankan bagiku.

Gambar Gravatar
Blogger yang ingin berbagi kepada semua orang ~~ IG : refsananda ~~ (STKIP Pasundan Cimahi "15)