4 Contoh Teks Cerita Sejarah dan Strukturnya

Posted on
Teks cerita sejarah mempunyai tiga struktur, apa saja struktur teks sejarah itu? yaitu orientasi, urutan peristiwa sejarah, dan reorientasi,

Orientasi.
Orientasi adalah tahap pertama yang memberikan informasi tentang situasi cerita sejarah atau gambaran umum dari suatu peristiwa sejarah ( latar Belakakang, waktu kejadian, dan tujuan).

Urutan Peristiwa sejarah.
Dalam tahap ini terdiri dari beberapa paragraf yang meyediakan rekaman berdasarkan urutan waku terjadinya peristiwa sejarah tersebut, atau dengan garis besar nya urutan peristiwa bisa dilihat dari masa lalu atau masa kini yang penting tetap berurutan.

Reorientasi.
Tahap ini adalah penegasan ulang dari peristiwa sejarah tersebut (boleh ada / boleh tidak).

Struktur Teks Cerita Sejarah Lengkap


Baca Juga : Contoh Teks Cerita Sejarah Terlengkap 2017

Selain adanya struktur teks cerita sejarah setidaknya kita mengenal tentang kaidah kebahasan teks cerita sejarah

Apa saja kaidah kebahasan teks sejarah itu?

  • Nomina yang dapat mengidentifikasi siapa dan apa saja yang terlihat
  • Nomina yang sudah melalui proses nominalisasi
  • Kelas Kata Verba
  • Konjungsi Temporal 
Contoh Struktur Teks Cerita Sejarah 

A. Paragraf I (Tahap Orientasi)
     Peristiwa yang diidentifikasikan adalah Hari Buruh. Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada setiap Mei. Peristiwa tersebut terjadi di beberapa negara. Peristiwa itu terjadi karena menuntut pemberlakuan 8 jam kerja. Peristiwa itu berawal dari usaha gerakan serikat butuh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial kaum buruh.
B. Paragraf II (Tahap Urutan Peristiwa 1)
     Peristiwa yang digambarkan adalah tuntutan kaum buruh. Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kelas pekerja. Peristiwa tersebut terjadi pada awal abad ke-19. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat.  Peristiwa itu terjadi karena pengetatan disiplin jam kerja, minimnya upah, dan buruhnya kondisi kerja. Peritiwa itu berawal dari pemogokan kelas pekerja Amerika Serikat.
C. Paragraf III ( Tahap Urutan Peristiwa 2 )
     Peristiwa yang diidentifikasikan adalah demontrasi. Pelakunya adalah buruh kulit hitam dan putih. demontrasi itu terjadi di berbagai kota di Amerika Serikat pada April 1886. Peristiwa itu mempersatukan buruh kulit hitam dan kulit putih.
D. Paragraf IV (Tahap Urutan Peristiwa 3 )
     Peristiwa yang diidentifikasi tentang reaksi pengusaha dan pejabat terhadap demontrasi kaum buruh.

E. Paragraf V (Tahap Urutan Peristiwa 4)
     Peristiwa yang diidentifikasikan adalah meledaknya bom. Pelakunya adalah kaum buruh. peristiwa terjadi 3 Mei 1886. Akibat dari peritiwa itu polisi melarang demontrasi kaum buruh.

F. Paragraf VI (Tahap Urutan Peristiwa 5)
     Peristiwa yang diidentifikasikan adalah rangkaian  demontrasi kaum buruh di Amerika Serikat dan menjalar di Eropa untuk menuntut pengurangan jam kerja.

G. Pargaraf VII (Tahap Urutan Peristiwa 6)
     Peristiwa yang diidentifikasikan tentang Kongres Buruh Internasional pada tahun 1889. Kongres itu memutuskan pemogokan umum 1 Mei 1890 dan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia.
H. Paragraf VIII (Tahap Reorientasi)
     Yang didentikasikan adalah standar perburuhan internasional yaitu 8 jam kerja/hari atau 40 jam/minggu.
KESIMPULAN :
* Teks Cerita Sejarah adalah teks yang berisi tentang peristiwa sejarah yang terjadi pada masa lampau. Teks cerita sejarah tersebut bersifat teks rekon (bentuk teks cerita ulang). Secara umum teks cerita sejarah memuat informasi sejarah yang menjawab pertanyaan :
– apa
– siapa
– kapan
– di mana
– mengapa
– bagaiman

Gambar Gravatar
Blogger yang ingin berbagi kepada semua orang ~~ IG : refsananda ~~ (STKIP Pasundan Cimahi "15)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *