20 Contoh Teks Deskripsi Singkat (Lingkungan, Sekolah, Alam, Benda, dan Rumah)

Posted on
Kali ini Admin akan membahas contoh teks paragraf deskripsi yang berada di pelajaran bahasa indonesia. Paragraf deskripsi adalah tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah, tujuannya untuk mengajak pembaca bisa memahami, merasakan, dan menikmati objek,yang dibicarakan seperti objek orang, suasana, hati, dan atkifitas dsb.


TEKS DESKRIPSI 
20 Contoh Teks Deskripsi Singkat (Lingkungan, Sekolah, Alam, Benda, dan Rumah)


Pengertian Paragraf Deskripsi 

Teks deskripsi adalah sebuah paragraf dimana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Ciri-ciri  dimiliki teks deskripsi sangat jelas sehingga akan sangat mudah membedakan teks ini dengan teks lainnya.

Berikut ini ciri-cirinya:

  1. Paragraf deskripsi menggambarkan sesuatu.
  2. Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera.
  3. Ketika pembaca membaca teks deskripsi, maka seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.
  4. Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek, seperti bentuk, ukuran, warna, atau ciri-ciri psikis/keadaan suatu objek dengan rinci.

Contoh 1#

Contoh pertama yaitu contoh teks paragraf deskripsi singkat tentang lingkungan

Jagalah Kebersihan
Kebersihan adalah suatu keadaan dimana tak ada sampah yang berserakan di mana-mana. Kebersihan sangatlah penting untuk dilakukan karena dengan kebersiahanlah yang akan menjaga kita dari ancaman-ancaman penyakit yang datang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kebersihan.
Yang pertama adalah menjaga kebersihn diri sendiri. Menjaga kebersihan diri sendiri seperti mandi 2 kali sehari, memotong kuku dan menggosok gigi akan membuat tubuh kita selalu bersih. Sehingga jika kebersihan telaah didapat, maka tubuh kita akan menjadi sehat dan tidak akan mudah terserang oleh penyakit.
Selain menjaga kebersihan tubuh, menjaga kebersihaan lingkungan tempat tinggal juga sangat penting untuk dilakukan. Membersihkan seisi rumah dan lingkungan sekitar akan membuat lingkungan menjadi bersih dan tidak menjadi sarang bagi penyakit untuk tumbuh dan berkembang. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan kita seperti, mengubur barang-barang bekas, menguras bak mandi dan menutup semua sumber air sehingga nyamuk tidak bisa berkembang biak di sana.
Demikianlah cara hidup bersih dan manfaat yang bisa kita dapatkan. Oleh karena itu, marilah kita semua menjaga kebersihan baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan agar kita menjadi sehat dan terhindar dari penyakit yang mengancam.

Contoh 2#

Contoh pertama yaitu contoh teks paragraf deskripsi singkat tentang sekolah


Lingkungan Sekolahku

Aku bersekolah di salah satu SMP swasta di kotaku. Sekolahku terletak tepat di jantung kota dan dekat dengan pusat perbelanjaan serta kantor polisi. Meskipun sekolahku dekat dengan pusat perbelanjaan, namun tidak pernah ada satupun siswa yang berkeliaran di tempat itu pada jam sekolah. Kami semua adalah siswa yang patuh dengan peraturan dan tata tertib sekolah. Karena letaknya yang juga dekat dengan kantor polisi, sekolahku juga selalu aman dari tindakan-tindakan kriminal sehingga para orang tua tidak merasa khawwatir apabila terlambat menjemput dan menyuruh anaknya untuk pulang sendiri.
Di dalam sekolah banyak ditanami pohon. Selain itu, terdapat juga banyak pot beragam bunga yang disusun di sepanjang koridor kelas dan kantor guru serta kepala sekolah. Semua siswa wajib untuk merawat dan menyayangi semua tanaman yang ada di lingkungan sekolah. Di halaman samping sekolah, kami juga membuat apotek hidup. Kami menanam berbagai tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat. Setiap hari Jumat, kami bergotong royong membersihkan sekolah dan lingkungan di dekat sekolah. Siswa-siswa yang tergabung dalam kepengurusan OSIS dan pencinta alam ditugaskan untuk membersihkan jalanan di dekat sekolah. Aksi bersih-bersih ini mengundang decak kagum dari masyarakat yang melintas dan para polisi di dekat sekolah. Sudah 5 tahun berturut-turut sekolah kami dinobatkan sebagai sekolah terbersih dan perduli lingkungan. Kami bangga bisa mendapatkan prestasi tersebut meskipun tujuan yang sebenarnya adalah hanya untuk membersihkan lingkungan, bukan membersihkan lingkungan untuk mendapat perhargaan
Lingkungan yang bersih dan enak dipandang dapat menimbulkan suasana belajar yang kondusif dan menciptakan suasana hati yang baik untuk belajar. Setiap wali kelas membebaskan siswa dalam menghias dan mendekorasi kelas. Catatan pentingnya adalah keadaan kelas harus selalu rapih dan bersih. Selain itu, tata ruang dalam sekolah juga diatur sedemikian rupa untuk menghindari perilaku-perilaku bolos di kelas dan nongkrong di kantin. Area toilet diletakkan jauh dari kantin sekolah. Sehingga, tidak ada siswa yang pura-pura izin ke toilet padahal singgah ke kantin. Di kantin dan toilet juga terdapat petugas penjaga yang mengawasi setiap gerak-gerik siswa. Tentunya hal ini juga ditujukan untuk menghindari perilaku yang tidak baik dan menyimpang dari tata tertib sekolah ataupun norma-norma yang ada. Sekolahku ingin membuktikan bahwa pembentukkan karakter tidak hanya melalui proses mendidik namun juga disertai pengawasan dan tindakan-tindakan pencegahan. Diharapkan setelah lulus dari sekolah para siswa dapat lebih mandiri dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.
Semua siswa merasa nyaman belajar di sekolah karena guru-guru kami menyenangkan. Mereka tidak pernah memeritah kami dengan bahasa yang kasar atau tidak berkenan di hati. Semua guru menunjukkan sikap cinta kasih dalam mendidik muridnya agar semangat bersikap baik, sopan santun, lembut, dan budi pekerti luhur dapat dicontoh murid sehingga para murid selalu ingat untuk menjadi pribadi yang berkarakter baik. Pendidikan karakter di sekolahku tidak hanya terbatas pada tulisan di atas kertas yang bernama rencana pembelajaran, silabus, atau kurikulum. Pendidikan cinta lingkungan dan karakter yang terintegrasi di luar kelas adalah bagian yang sangat penting. Bahkan banyak penilaian dilakukan secara diam-diam ketika
siswa sedang berada di luar kelas. Misalnya ketika berinteraksi dengan masyarakat sekolah selain guru dan teman. Guru diharapkan lebih jeli dalam memberikan penilaian ketika siswa sedang terlibat kegiatan bersih-bersih, field trip, kegiatan sosial, dan lain-lain yang diadakan sekolah. Bahkan, ada satu mata pelajaran tambahan yaitu ilmu bermasyarakat yang kami ikuti setiap hari sabtu pagi. Sekolahku percaya bahwa proses pendidikan dan penilaian seperti itu akan sangat berguna bagi siswa ketika kelak terjun di dalam masyarakat.

Contoh 3#

Contoh pertama yaitu contoh teks paragraf deskripsi singkat tentang alam

Paragraf deskripsi tentang keindahan sawah
Desa sumber rejo, sukoharjo jawatengah memiliki pemandangan sawah nan indah. Berhadapan dengan gunung yang berwarna hijau, menjadikan pemandangan disini semakin sempurna. Disini kita dapat melihat berbagai aktivitas pertanian yang bahkan mugkin belum pernah kita lihat sebelumnya. kita dapat melihat para petani yang sedang memulai proses tanam padi hingga proses panen.
Setelah mencangkul sawah yang luas, akhirnya salah satu petani pun memutuskan untuk beristirahat karena memang suasana disini sudah beranjang siang dan panasnya terik matahari dapat kita rasakan melalui kulit kita.
Setelah beristirahat sejenak petanipun kembali berativitas melanjutkan mencangkul sawah dengan penuh semangat. tak lama kemudian datanglah seorang perempuan yang mengantarkan makanan, ternyata itu adalah istri dari petani tersebut.

Contoh 4#

Contoh pertama yaitu contoh teks paragraf deskripsi singkat tentang benda.
Meja

Satu meja panjang persegi dengan motif bunga mawar dan dominasi warna coklat diletakkan di lingkaran tengah deretan kursi. Meja tersebut berada di atas karpet berwarna merah.
Bagian atas meja terbuat dari kaca sedangkan kakinya terbuat dari kayu. Sehingga membuat meja ini sangat elegan dan modern.

Contoh 5#

Contoh pertama yaitu contoh teks paragraf deskripsi singkat tentang rumah
Rumah Ahmad
Rumah Ahmad berada di depan rumahku, dimana di halaman rumahnya terdapat pohon rambutan yang membuat suasana terasa segar. Bunga-bunga menghiasi depan rumah Ahmad.
Dinding rumah Ahmad berwarna biru dengan pintu dan jendela yang berwarna hitam. Serta lantai keramik yang berwarna putih bersih membuat rumah rani sangat enak dipandang.
Di dalam rumah Ahmad posisi barang-barang sangat diperhatikan sehingga semua barang tertata rapi. Lantainya bersih serta harum ruangan nya memanjakan hidung.
Gambar Gravatar
Blogger yang ingin berbagi kepada semua orang ~~ IG : refsananda ~~ (STKIP Pasundan Cimahi "15)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *