17 Contoh Teks Cerita Ulang Singkat/Pendek Beserta Strukturnya (Biografi. sejarah, imajinatif, dan Faktual)

Posted on

Conto teks cerita ulang singkat/pendek adalah materi pelajaran bahasa indonesia . Contoh teks cerita ulang ini beserta struktunya akan di bahas dalam kesempatan ini tentang biografi, sejarah, imajinatif, dan faktual).

 17 Contoh Teks Cerita Ulang Singkat/Pendek Beserta Strukturnya (Biografi. sejarah, imajinatif, dan Faktual)

Pengertian Teks Cerita ulang

Teks Cerita ualng adalah sebuah teks yang menceritakan kepada pembaca mengenai sebuah cerita, aksi, atau aktivitas lampau. Tujuan komunikatifnya adalah melaporkan peristiwa, kejadian, atau kegiatan yang terjadi pada waktu lampau dalam sebuah urutan secara kronologis untuk menghibur atau memberikan informasi kepada pembaca.

Struktur Teks Cerita Ulang

Struktur teks cerita ulang ini mempunyai 3 yaitu orientasi, peristiwa, dan reorientasi.
1. Orientasi (Pengenalan)
Yaitu memberikan informasi tentang siapa, dimana, dan kapan peristiwa atau kejadian terjadi di masa lampau.
2. Peristiwa (Events)
Yaitu rekaman peristiwa yang terjadi, yang biasa disampaikan dalam urutan kronologis. Misalnya seperti
“pada hari pertama, saya …, dan pada hari berikutnya, saya …, dan pada hari terakhir, saya..“
Pada bagian events ini juga biasanya terdapat komentar pribadi mengenai peristiwa atau kejadian yang diceritakan.

3. Reorientasi (Pengulangan Pengenalan)
Terdapat pengulangan pengenalan yang ada di orientasi, pengulangan yang merangkum rentetan         peristiwa, kejadian atau kegiatan yang diceritakan.

Baca Juga Contoh teks drama 4, 5, 7 Orang Singkat Terbaru

Contoh Teks Cerita Ulang

Contoh teks cerita ulang singkat/pendek ini membahas tentang biografu, sejarah, imajinatif, dan faktual)

Contoh 1

contoh pertama merupakan contoh teks cerita ulang singkat/pendek mengenai biografi presiden pertama yaitu ir. soekarno
Orientasi
Merupakan tahap pengenalan tokoh secara umum, biasanya berada pada bagian awal teks. Di sini yang menjadi topik bahasan seperti nama, tempat dan tanggal tokoh dilahirkan, latar belakang keluarga tokoh yang dibahas, riwayat pendidikan dan karir tokoh. Berikut orientasi dari Biografi ” Soekarno : Bapak Bangsa Indonesia”.
Soekarno, yang akrab dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar pada 6 Juni 1901. Dia anak seorang guru sekolah rakyat, Raden Soekami dan wanita Bali berdarah bangsawan, Ida Ayu Rai. Sebagai anak priyayi yang memang pandai, Soekarno bisa mengecap pendidikan tinggi dan lulus dari Sekolah Teknik Tinggi di Bandung (kini ITB) pada 1925. Sebagai mahasiswa teknik, Soekarno terbilang pandai. Akan tetapi, ide-ide nasionalisme rupanya telah membuat dirinya terpikat. Tiga bulan setelah lulus, pada 1926, lelaki yang dikenal sebagai orator ulung ini memuatkan ide-ide politiknya di media massa dalam artikel yang berjudul “Nasionalisme, Islam, dan Marxisme”. Tulisan ini sangat menekankan ide persatuan antarkelompok yang kemudian menandai pemikiran politiknya sepanjang kariernya.
Dari uraian di atas kita ketahui bahwa Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia yang sering disapa Bung Karno dilahirkan di Blitar, 6 Juni 1901. Latar belakang keluarga beliau termasuk baik terbukti dengan mampunya beliau mengenyam pendidikan di Sekolah Tinggi atau saat ini kita kenal dengan istilah kuliah, yang dulu hanya oran-orang tertentu yang bisa sampai kejenjang ini tidak seperti sekarang.
Kronologi atau Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh
Merupakan penjelasan mengenai peristiwa-peristiwa yang pernah dialami sosok tokoh yang dibahas. Bagian ini berisi pengalaman tokoh baik pengalaman menyenangkan, menyedihkan, dan sebagainya. Persoalan, masalah yang menghampiri kehidupan tokoh dan peristiwa yang mengesankan juga diuraikan disini.
Perjuangan politik merebut kemerdekaan berlanjut dengan dibentuknya Partai Nasional Indonesia (PNI) pada 1927. Soekarno menerapkan sikap nonkooperasi dengan Belanda yang membuatnya beberapa kali masuk tahanan. Pada 1929 dia ditahan oleh Belanda di penjara Sukamiskin, Bandung, karena aktivitas politiknya, tetapi dibebaskan dua tahun kemudian. Dia ditahan lagi pada 1933, diasingkan ke Ende, kemudian ke Bengkulu, sampai dia dibebaskan oleh Jepang pada 1942. Pada masa pendudukan Jepang, Soekarno mendapat kesempatan lebih besar untuk mempromosikan cita-cita nasional Indonesia yang bekerja sama dengan Jepang melawan Sekutu. Sikap mau bekerja sama dengan Jepang ini tidak pelak mengundang kritik keras dari pelbagai kalangan “garis keras”
yang menginginkan sikap nonkooperasi dengan Jepang.
Pada 17 Agustus 1945, tak lama setelah Jepang takluk pada Sekutu, atas desakan para aktivis pemuda yang sempat menculik Soekarno ke Rengas Dengklok, Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Sehari kemudian Soekarno-Hatta diangkat menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia. Mereka segera terlibat dalam perjuangan melawan pendudukan kembali oleh Belanda. Pada masa itu Soekarno-Hatta sempat dibuang kembali ke Parapat dan Bangka. Namun, ketika secara resmi Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada 1949, kedudukan Soekarno sebagai presiden kembali dipulihkan.
Ketika sistem pemerintahan parlemen terbukti tidak berjalan efektif, Soekarno pada akhir 1956 menyerukan pembubaran semua partai politik. Dia kemudian membentuk Demokrasi Terpimpin pada 1959, dan pada tahun berikutnya membubarkan parlemen terpilih. Soekarno mencoba menerapkan gagasannya akan tiga pilar kekuatan bangsa, yaitu Nasakom (Nasionalis, Agama, dan Komunis). Namun, kondisi krisis ekonomi dan politik dalam negeri terus bertambah runyam.
Dalam bidang politik luar negeri, Soekarno bersikap curiga terhadap AS dan kekuatan Barat. Untuk mengimbagi kekuatan Barat, dia berperan sebagai pemimpin nengara-negara baru melawan kekuatan kolonial dan “neokolonial”. Dia berhasil “memaksa” Belanda untuk menyerahkan Irian Barat (kemudian pada 1963 disebut Irian Jaya, kini Papua). Soekarno mempermaklumkan “konfrontasi” dengan Federasi Malaysia yang baru dibentuk pada 1963. Pada 1965 Indonesia keluar dari PBB dan Soekarno semakin aktif sebagai tokoh negara-negara “new emerging forces”. Kharismanya yang hebat tidak hanya memengaruhi rakyat Indonesia, tetapi juga bangsa-bangsa yang baru merdeka di Asia-Afrika. Dia juga dikenal sebagai salah satu pemimpin negara Nonblok yang paling terkemuka.
Situasi politik Indonesia memuncak dengan perebutan kekuasaan yang gagal pada 30 September 1965. Kejadian ini kemudian berlanjut dengan pembunuhan besar-besaran, pembubaran Partai Komunis, dan buntutnya Soekarno tersingkir. Pemimpin militer Mayjen Soeharto meminta Soekarno
untuk menyerahkan kekuasaan efektifnya melalui Supersemar pada Maret 1966. Soeharto kemudian menjadi presiden menggantikan Soekarno pada 1968. Sampai kematian Soekarno di Jakarta pada 21 Juni 1970, dia masih berada dalam status tahanan rumah. Namun, pemerintah menganugerahinya Pahlawan Proklamasi.
Reorientasi
Merupakan tahap yang berisikan pandangan-pandangan penulis terhadap tokoh yang dibahas. Bagian ini bersifat opsional artinya bisa ada bisa juga tidak ada. Berikut tahap Reorientasi dari Biografi ” Soekarno : Bapak Bangsa Indonesia”
Sebagai Founding Father atau Bapak Bangsa Indonesia, Bung Karno telah mengantarkan bangsa Indonesia kepada kemerdekaan. Dengan perjuangan yang tanpa pamrih, Bung Karno telah membangun tatanan keadilan yang menyejahterakan rakyat Indonesia serta berhasil menyejajarkan Indonesia dengan negara lainnya. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang.

contoh 2

contoh kedua merupakan contoh teks cerita ulang singkat/pendek tentang sejarah 
Kemerdekaan Indonesia
Orientasi
Berawal dari pecahnya “Perang Asia Timur Raya “ , dan Amerika menyatakan perang kepada Jepang karena serbuan tentara Jepang di Pusat Pertahanan Amerika Serikat “Pearl Harbour” pada tgl 8 Desember 1941. Tentara Jepang dengan Angkatan Laut dan Angkatan Udaranya semakin agresif beraksi mendarat di wilayah Indocina ,Filipina , Malaya dan Indonesia. Pemerintah Hindia Belanda ikut ikutan Sekutu menyatakan perang dengan Jepang. Jepang mendarat ke Indonesia dengan tujuan melumpuhkan pasukan Belanda .Pendaratan pertama tentara Jepang di Tarakan kemudian merambah ke daerah Balik Papan,Manado, Ambon, Makasar, Pontianak dan Palembang. Daerah daerah di Jawa juga dikuasainya ,pada tgl 1 Maret 1942 ,Jepang mendarat di BAnten, Indramayu dan Rembang. Wilayahnya semakin meluas dengan dikuasainya Batavia tgl 5 Maret 1942 , dan semakin merajalela ke wilayah Surakarta, Cikampek, Semarang dan Surabaya . Belanda semakin terdesak dengan penyerangan Jepang dan Ooh akhirnya Pemeritah Hindia Belanda menyatakan “menyerah tanpa syarat”.
Urutan Peristiwa
Masyarakat Indonesia pada awalnya menyambut dengan ramah kedatangan militer Jepang , dapat dilihat dari sikap kooperatif tokoh tokoh Nasional kita Ir. Soekarno dan Moh Hatta. Pemerintahan Jepang mulai aktif merangkul rakyat dengan pembentukan organiasasi masyarakat , yang sebenarnya “ada udang di balik batu” sebenarnya dibalik itu untuk kepentingan Jepang di Perang Dunia II. Organisasi itu antara lain :Gerakan Tiga A, Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA), Jawa Hokokai, Seinendan, Keibodan, Fujinkai, Heiho, MIAI, Pembentukan BPUPKI.
BPUPKI(Badan Penyelidik Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan RI) dibentuk pada th 1943 dibawah pemerintah Perdana Menteri Tojo, bertugas untuk mempelajari dan menyelidiki hal hal yang penting dan perlu bagi pembentukan pemerintah Indonesia. Dalam perkembangannya selanjutnya BPUPKI dibubarkan dan diganti nama oleh tokoh pejuang kita , dari BPUPKI menjadi PPPKI atau dikenal dengan Docoritsu Junbi Inkai, dengan penggantian nama ini terkesan bahwa organisasi PPPKI bukan bentukan Jepang tetapi hasil kesepakatan dan perjuangan para tokoh kemerdekaan Indonesia. Peristiwa penting yaitu pertemuan Soekarno ,M Hata dan Rajiman Wedyodiningrat dengan Jenderal Terauchi di Dalat menyampaikan bahwa pemerintah Jepang telah memutuskan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia yang wilayahnya meliputi bekas wilayah Hindia-Belanda.
Pasukan Jepang mulai melemah, kekalahan dan kekalahan diperolehnya dan Amerika semakin kuat, apalagi setelah menarik pasukannya yang ada di Eropa. Serangan Jepang dapat dihentikan oleh tentara Amerika antara lain pada bulan Mei 1942 di pertempuran Laut Koral dan Juni 1942 di Pertempuran Midway. Jepang semakin klepek klepek karena Amerika mengamuk sehingga pada tgl 6 Agustus 1945 AS menjatuhkan Bom Atom pertamanya di Hiroshima . Amerika belum puas juga dan tiga hari kemudian tanggal 9 Agustus Bom Atom kedua mendarat kembali di kota Nagasaki, dua pusat kota pemerintahan Jepang menjadi hancur rata dengan tanah. Akhirnya Ohhhh Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tgl 14 Agustus 1945. Penyerahan kalah itu dilakukan di kapal Missouri pada tanggal 2 September 1945 oleh Kaisar Hirohito(Jepang) dan Jendral Douglas Mc Arthur (Sekutu).
Reorientasi
Berita kekalahan Jepang terhadap Sekutu tidak dapat disembunyikan, dengan perjanjian Post Dam Jepang menyerahkan kekuasaannya kepada Sekutu dan otomatis di Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan . Kesempatan ini dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia dengan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Contoh 3

Contoh 3 merupakan contoh teks cerita ulang singkat tentang imajinaatif dan faktual 
Tangisan yang Tulus
Di tengah malam yang sunyi, Putri Liliput sedang duduk termenung menatap bulan dan bintang. Dia tidak memperdulikan apapun yang ada di sekelilingnya, yang dia tahu dan yang dia pedulikan hanya ras a tenang dan damai bersama dengan semilir angin yang seakan membelainya dengan penuh rasa sayang.
Sebagai seorang Putri kerajaan Liliput, dia memikirkan rakyatnya yang tidak bahagia karena perbuatan ayahnya yang semena-mena. Ia selalu berjuang keras untuk memperjuangkan hak rakyatnya tapi tetap saja hasilnya nihil, karena ayahnya yang tidak lain adalah raja kerajaan Liliput selalu merusak rencananya dan menggagalkannya. Dia menangis tersedu-sedu karena menyesal atas perbuatan ayahnya. Tiba-tiba ada seorang kakek lewat dan mengajaknya berbincang. Putri Liliput pun menceritakan semua kejadian yangtelah dia alalmi kepada kakek tersebut. Kakek itu pun hanya tersenyum dan berkata, “ Tuan putri, jika kau memang ingin memeperjuangkan apa yang menurutmu benar, teruslah berjuang!! Jangan pernah hiraukan apa resikonya, tapi pikirkanlah anugerah apa yang akan kau dapatkan jika kau terus bekerja keras dan melakukannya dengan sepenuh hati. Percayalah!”.
Setelah selesai bicara si kakek pun menghilang dari pandangan sang putri. Putri Liliput lantas kaget, tetapi perkataan kakek tadi masih terngiang-ngiang di telinganya. Dia pun bergegas pergi dan menemui ayahnya, dia menangis di kaki ayahnya sambil memohon, “Ayah dengan tidak mengurangi  hormatku padamu, aku mohon jangan siksa rakyat kecil dengan ketidakadilan dan ketidaksewenangan yang ayah lakukan. Apa salah mereka ayah? Mereka mencintai ayah dengan segenap jiwa dan raga mereka, mereka menghormati ayah. Percayalah ayah, ayah ataupun kerajaan tidak akan rugi dengan bersikap adil kepada mereka. Biarkanlah aku yang merasakan dan mewakili kepedihan mereka ayah.” Raja pun ikut menangis danberkata,” Anakku kau memang gadis yang berhati mulia, tangisanmu yang tulus telah meluluhkan hatiku. Baiklah mulai sekarang aku akan berlaku adil dan tidak semena-mena lagi kepada semua rakyatku. Aku akan berusaha mencintai mereka dengan sepenuh hati seperti engkau mencintai mereka. Jangan menangis lagi anakku!”. Raja pun menghapus air mata putri Liliput dan tersenyum.
“Terima kasih ayah. Ayah memang ayah terbaik yang ada di dunia ini.” Putri Liliput memluk ayahnya dengan erat.
Semenjak saat itu, semua rakyat kerajaan termasuk raja dan putri  Liliput pun berbahagia karena tindasan yang dilakukan raja sudah ditiadakan. Rakyat sangat berterima kasih kepada sang putri karena berkat tangisan tulusnya dia bisa meluluhkan hati raja yang sekeras batu.
Gambar Gravatar
Blogger yang ingin berbagi kepada semua orang ~~ IG : refsananda ~~ (STKIP Pasundan Cimahi "15)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *